Sabtu, 27 Februari 2016

Aspek Usaha Agribisnis Hulu Kuncen Farm



ASPEK USAHA AGRIBISNIS HULU
1.       Lokasi Usaha
Luas lahan kandang yang dimiliki
:
2.550 m²
Luas lahan Hijauan Makanan Ternak
:
5.000 m²
Lokasi usaha
:
DukuhKuncen RT. 01, RT. 02, RT. 03, RT. 04 / RW 003, Keluarahan Bubakan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang

2.       Perbibitan
     Penyediaan bibit ternak kambing untuk para anggota kelompok diutamakan dari hasil perkawinan dengan cara kawin alami antara pejantan kambing PE atau pejantan kambing Saanen yang berkualitas dengan induk kambing PE atau induk kambing Jawarandu yang dikelola oleh seksi Produksi dan Kesehatan Hewan. Total jumlah pejantan dan betina unggul yang ada di kelompok ada 28 ekor. Data pejantan dan betina unggul yang ada di kelompok dapat dilihat di tabel 3.
          Tabel 3. Data jumlah pejantan dan betina  unggul di PKT. Kuncen Farm
Jenis Ternak
Jantan (ekor)
Betina (ekor)
Saanen
3
-
Peranakan Ettawa
3
22
Jumlah
6
22

     Untuk mencukupi kebutuhan akan bakalan pengadaan bibit indukan, kelompok telah menjalin kerjasama dengan beberapa kelompok sentra kambing PE diantaranya KT. Pangestu dan Narayan Farm Kecamatan Turi Kabupaten Sleman DIY, juga dari KT. Bumi Hijau, Cepiring Kec. Weleri Kab. Kendal. Anggota kelompok dalam memilih bakalan yang baik, selain berdasarkan pengalaman, peternak juga telah diberikan pengetahuan bagaimana cara memilih atau seleksi bakalan yang baik oleh Petugas Penyuluh Lapangan maupun Petugas Teknis Peternakan melalui pembinaan rutin. Ternak yang menghasilkan keturunan yang unggul kemudian dijadikan indukan tetap untuk proses breeding guna memenuhi kebutuhan bibit di anggota kelompok sendiri dan juga dipasarkan.
3.       Bahan Baku dan Pakan
     Hijauan Makanan Ternak pada PKT Kunchen Farm ini dipenuhi dari lahan yang ditanami rumput gajah kurang lebih seluas 3000 m² dan juga hijauan makanan ternak yang ada di bawah tegakan seperti dibawah pohon durian, jambu kristal dan kelengkeng seluas kurang lebih 2.000 m². Anggota juga sudah melaksanakan pengolahan pakan hijauan/silage. Pengolahan pakan dilaksanakan oleh Seksi Pakan Ternak  secara berkala kurang lebih seminggu sekali dan lebih difokuskan terutama saat menghadapi musim kemarau. Pakan tambahan yang secara umum diberikan dalam pemeliharaan adalah ampas tahu, dedak dan mineral. Sedangkan untuk pakan konsentrat jadi dibeli dari rumah produksi pakan konsentrat Bp.Thamrin di Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. 
     Pakan diberikan  3 kali sehari, pagi  diberi pakan hijauan, siang konsentrat dan sore hari berupa hijauan. Komposisi pakan yang diberikan pada ternak kambing sebagai berikut :
-      Hijauan                :  10 % dari berat badan kambing
-      Konsentrat           :  2 % dari berat badan kambing
4.       Obat dan Vaksin
     Penyediaan obat/vaksin yang dibutuhkan anggota kelompok selain diperoleh dari Dinas Pertanian Kota Semarang juga ada beberapa obat yang diadakan secara swadaya oleh kelompok. Penyediaaan obat tersebut diantaranya meliputi obat cacing, multivitamin, biosalamin, Wormectin untuk mengobati scabies/gudig, obrat semprot luka (gusanex), calsidec sebagai penampah kalsium dan fastac insectisida/desinfectan untu menjaga sanitasi kandang.
     Untuk melakukan pengobatan/pertolongan pertama pada kasus penyakit secara mandiri kelompok dikelola oleh seksi kesehatan hewan, sedangkan untuk kasus yang cukup berat petugas dinas pertanian (dokter hewan berwenang) dapat didatangkan. Sedangkan untuk mengurangi penggunaan obat kimia, seksi kesehatan hewan telah mampu membuat obat herbal diantaranya : obat cacing, obat gudik, obat mastitis, sakit mata dan pembasmi kutu


Bibit Unggul untuk pembibitan

Pembuatan Pakan Organik

Lokasi Produksi

Pembudidayaan

Pemberian Obat dan Vaksin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar