Jumat, 04 Maret 2016

ASPEK AGRIBISNIS HILIR KUNCEN FARM

Pengolahan Hasil
          Selain usaha budidaya dan perbibitan ternak, PKT. Kuncen Farm juga mengembangkan usaha produk hasil olahan yang dikoordinir oleh seksi pengolahan hasil. Produk tersebut diantaranya adalah :
-           Penjualan susu kambing dalam bentuk segar
-           Pembuatan Minuman Yogurt susu kambing
-           Paket Aqiqah/qurban
-           Pembuatan Pupuk Organik
-           Pembuatan Obat Herbal
-           Budidaya Sayuran Organik
          Diantara beberapa produk hasil olahan tersebut yang menjadi unggulan dan merupakan ciri khas dari kelompok adalah susu kambing segar dan yogurt susu kambing.
Pemasaran Hasil
          Pemasaran hasil baik untuk ternak, susu, maupun produk olahan yang ada di kelola dan dikoordinir oleh seksi pemasaran (Bp. Paryanto) dengan wilayah pemasaran tidak hanya disekitar Kota Semarang namun juga di luar Kota seperti Kabupaten Semarang dan DIY.  Untuk pemasaran produk susu kambing dalam bentuk segar, PKT. Kuncen Farm sudah menjalin kerjasama dengan beberapa kelompok, diantaranya :
-           Sahabat Ternak/Amanta Farm, Desa Kemiri Kebo Kec.Turi Kab.Sleman dengan kapasitas kurang lebih 100 - 200 liter/minggu;
-           Perwira Kevir, Desa Bulan Kec.Delanggu Kab.Klaten kurang lebih sebesar 100 liter/bulan;
-           Bp.Karsono, Lemah Ireng Kab.Semarang kurang lebih sebesar 20-30 liter/minggu;
-           Bp. Mulyono, Ungaran Kab.Semarang kurang lebih sebesar 40 liter/minggu;
-           Bp. Sutrisno, Desa Kajangan Ungaran Kab.Semarang sebesar 100 liter/minggu.
          Sedangkan wilayah pemasaran untuk produk yang berupa yogurt dengan kemasan botol 250 ml mencakup wilayah disekitar Kota Semarang. Namun disamping produk minuman yogurt dengan kemasan 250 ml juga diproduksi minuman yogurt dengan kemasan kecil (± 80 ml) yang dipasarkan di sekolah-sekolah sekitar kecamatan Mijen.
          Produk paket aqiqah PKT. Kunchen Farm dipasarkan dengan menyebarkan leaflet dan dipenuhi sesuai pesanan. Untuk produk ditawarkan dengan beberapa pilihan paket, diantaranya :
-           Paket ekonomis dengan harga Rp.1.500.000 dengan estimasi daging kambing 3,5 – 4 Kg,
-           Paket Sederhana dengan harga Rp.2.000.000 dengan estimasi daging kambing 5 kg,
-           Paket Istimewa daging kambing > 5 kg.
          Untuk menunjang proses pemasaran, fasilitas yang dimiliki kelompok dalam pemasaran produksi diantaranya adalah freezer ice dan box ice untuk tempat yogurt dan susu aneka rasa, serta peralatan masak yang lengkap untuk memasak olahan daging untuk paket aqiqah.
          Sampai dengan saat ini PKT Kuncen Farm belum menemui kendala dalam pemasaran susu kambing baik dalam bentuk susu segar maupun minuman yogurt. Namun seandainya terdapat kelebihan produksi susu, kelompok telah menyiapkan beberapa alternatif solusi diantaranya dengan menambah ketrampilan anggota kelompok dalam mengolah keju dan kefir. Sehingga jika pada suatu saat terjadi kelebihan produksi susu dapat diolah menjadi keju dan kefir yang mempunyai jangka waktu penyimpanan lebih lama.
Susu Kambing Etawa

Yoghurt Kufa

Yoghurt Hasil Olahan

Sabun Susu Kambing

Permen Susu Kambing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar